Puasa menurut bahasa artinya menahan. Bagi sy pribadi arti menahan itu adalah sebuah metode untuk merayakan kemenangan. Kalau orang berpuasa itu harus tahan diri dari segala yang membatalkannya seperti makan dan minum,  menahan amarah,  menahan hawa nafsu yang menyerang indera penglihatan,  lisan,  pendengaran, dan juga menahan hati dan pikiran dari prasangka buruk dan niatan jelek, maka semua itu tujuannya untuk meningkatkan ketakwaan seorang hamba. Takwa artinya taat pada perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Ini tentu sebuah challenge bagi setiap muslim,  karna tidak hanya pada yg haram saja kita menahan diri bahkan pada yang halal sekalipun kita harus punya rem,  atau tidak lepas kendali mengejar kepuasan.

Namun bagi saya pribadi,  makna menahan dari ibadah puasa yang saya jalani tidaklah sekedar melalui challenges yang ada selama masa berpuasa hingga berbuka. Akan tetapi,  ini merupakan suatu cara yang elegan menurut sy untuk bisa merayakan apa yang disebut sebagai kemenangan. Karna terus terang tidaklah mudah bagi mereka yang terbiasa dengan maksiat setiap saat untuk kemudian menghentikannya, melawan keinginannya untuk tunduk pada nafsu. Tetapi,  buah dari rasa payah menahan diri itu memang sangatlah manis. Dan sy rasa kekuatan itu juga tidak akan hadir selama dalam hati kita tidak ada niatan untuk berjuang. Dan kemudahan itu dihadirkan oleh bulan ramadan. Tentu kita ngga mau kalau puasa kita,  yang sudah capek-capek menahan lapar dan dahaga eh ngga dapet pahala karna kita sibuk ngatain keburukan orang misalnya,  nonton tayangan yang membuat zina mata,  dan aktivitas lainnya yang nampaknya wajar-wajar aja meskipun sebenarnya jauh dari syariat islam. 

So,  kita adalah para fighter sejati jika kita ingin menikmati kemenangan bukan melalui jalan pintas akan tetapi melalui perjuangan yang sakit dan melelahkan. 

#puasa #ramadan #shaum #sabar #berjuang #fighter

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s